0 Comment
Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Sayur kangkung yang umum dinikmati di Indonesia, Thailang hingga Vietnam. Tetapi ternyata dianggap gulma di Amerika. Begini alasannya.
Kangkung merupakan sayuran yang sangat terkenal di Asia, termasuk Indonesia. Di Indonesia sayur kangkung biasa diolah dengan cara ditumis dengan bumbu yang sederhana, menyerupai bawang putih, bawang merah, cabai, tomat, dan juga terasi. Tak hanya Indonesia, kangkung juga terkenal di China. Biasanya kangkung dimasak dengan cara ditumis. Resepnya pun hampir sama dengan hidangan kangkung khas Indonesia.


Rasanya enak dengan tekstur yang renyah menciptakan sayur kangkung jadi santapan yang nikmat bersama nasi putih hangat. Tekstur renyah kangkung ini berasal dari batangnya yang juga sanggup dimakan.

Di Indonesia Digemari, Kangkung Justru Dianggap Gulma di AmerikaFoto: iStock
Di China, kangkung diberi julukan 'sayuran jantung kosong'. Karena konon dulu ada sebuah kisah pada masa ke-16 wacana seorang menteri yang dipaksa mencungkil jantungnya. Menteri tersebut melaksanakan hal itu alasannya yaitu isteri sang raja bosan dengan nasehat yang ia berikan. Akhirnya sang menteri meninggal dan dimakamkan. Dan di atas makan menteri ini tumbuhlah sayur kangkung, dari situlah julukan untuk sayur kangkung tersebut bermula.




Kangkung pertama kali muncul di China ketika dinasti Ming yaitu pada tahun 1368-1644. Tanaman tersebut dinamakan sebagai kangkung atau kubis rawa, alasannya yaitu sanggup tumbuh baik di darat maupun di air. Beberapa petani menanamnya pribadi di tanah basah, adapula yang menanamnya secara hidroponik di dalam pipa berisikan air.
Di Indonesia Digemari, Kangkung Justru Dianggap Gulma di AmerikaFoto: iStock
Namun kangkung yang terkenal enak di Asia ini ternyata dianggap gulma di Amerika. Pada tahun 1973, negara bab Florida melarang penanaman kangkung, alasannya yaitu sanggup tumbuh di bak yang karenanya menyumbat akses air dan menghalangi perahu. Regulator federal di Amerika lalu mengklasifikasikannya sebagai gulma yang sanggup membahayakan.


Bahkan hingga hari ini, beberapa negara di benua Amerika masih melarang penjualan sayuran kangkung ini, namun ada beberapa negara yang diperbolehkan hanya saja harus melewati perizinan terlebih dahulu. Pada tahun 2003, 90% sayuran kangkung yang dijual di Amerika Serikat hanya ditanam di California utara, berdasarkan laporan Universitas Negeri Portland.




Simak Video "Pizza Selada Laut, Hidangan Sehat dan Antimainstream"
[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top