0 Comment
Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Ingin lauk mudah tetapi tetap enak, kau dapat coba bikin omelet gaya Thailand ini. Ditambah cabe rawit, bawang dan kecap ikan. Gurih mantap!

Thailand dikenal dengan kuliner bercitarasa pedas dan segar. Ini sebab mereka selalu menambahkan cabe merah, cabe rawit, dan rempah daun. Seperti daun ketumbar, daun kari sampai daun mint. Kucuran air jeruk nipis dan irisan halus serai menambah segar hidangan Thailand.

Nasi putih dengan lauk-pauk, mie dan aneka jajanan pasar sering dinikmati orang Thailand untuk sarapan. Salah satunya yang populer, menyerupai di Indonesia yaitu omelet atau telur dadar. Diberi bermacam-macam isian omelet Thailand rasanya lebih gurih, pedas dan segar.

Bumbu dan rempah yang digunakan dalam kuliner Thailand juga tak berbeda jauh dengan bumbu Indonesia. Karenanya omelet Thailand juga gampang dibentuk sendiri.

Berikut ini beberapa langkah gampang dan prkatis menciptakan omelet Thailand.



Omelet Thailand yang Gurih Pedas Enak Buat SarapanFoto: iStock


1. Telur dan bumbu

Untuk menciptakan omelet Thailand, siapkan 4 butir telur ayam, 1/4 butir bawang bombay yang dicincang kasar, 1 sdm daun ketumbar iris bergairah (jika tak suka dapat diganti daun bawang) dan 5 buah cabe rawit yang diiris halus.

Sebagai bumbunya siapkan 1 sdm saus ikan, 1/2 sdt merica bubuk, 1 sdt garam dan 1 sdt air jeruk nipis.

Omelet Thailand yang Gurih Pedas Enak Buat SarapanFoto: iStock


2. Kocok telur

Pecahkan telur dalam wadah, kocok sampai bebruih dan tercampur rata. Tambahkan daun ketumbar, bawang bombay, cabe rawit, merica, garam dan saus ikan. Kocok dan aduk sampai tercampur rata.

Omelet Thailand yang Gurih Pedas Enak Buat SarapanFoto: iStock


3. Masak telur

Panaskan wajan 24 cm, beri 4 sdm minyak sayur. Tuangkan adonan telur ke dalam wajan. Masak dengan api sedang sampai kelilingnya membeku. Tutup wajan dan kecilkan api.

Masak terus sampai pinggirnya kecokelatan kemudian balikkan. Masak sampai kedua sisinya kering dan kecokelatan. Angkat, kucuri sedikit saus ikan. Sajikan hangat dengan nasi putih.





Simak Video "Merapat ke 'Kratong Song Krueng' untuk Cicipi Rujak Kecapi"
[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top