0 Comment
Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcomFoto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

Solo - Wedangan atau yang disebut hik sudah naik kelas dekade terakhir ini. Tak melulu di pinggir jalan, wedangan kini menempati bangunan dengan konsep menarik.

Seperti Wedangan Pendopo langganan keluarga Presiden Joko Widodo di Solo. Pemiliknya yakni pasangan Totok Supriyanto dan Ustiani. Mereka menciptakan warung wedangan dengan konsep klasik.

Masuk ke dalam wedangan, pengunjung disuguhi pernak-pernik klasik, menyerupai sepeda ontel dan hiasan kepala kijang, radio lawas hingga iklan-iklan jadul. Lampu kuning remang-remang menambah suasana wedangan semakin syahdu.



Wedangan Pendopo Langganan Keluarga Jokowi dengan Konsep KlasikFoto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom


Seluruh kuliner khas wedangan disajikan pada angkringan. Pengunjung dapat pribadi mengambil kuliner sendiri, ada tempe, tahu, satai, jadah dan aneka macam lauk.

"Dulu wedangan kan dijajakan berkeliling pakai angkringan. Di sini kita hadirkan kembali dengan konsep berbeda," kata Ustiani kepada detikcom.

Tempat duduk pengunjung pun didesain ala rumah-rumah Jawa kuno. Sebagian dibentuk bilik-bilik kecil dari kayu. Ada pula bangku panjang, dipan kayu, hingga loteng yang dibentuk dari kayu.
Wedangan Pendopo Langganan Keluarga Jokowi dengan Konsep KlasikFoto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

Menurut Ustiani, konsep ini dipilih alasannya yaitu hobinya dengan Totok yang bahagia mengumpulkan barang-barang kuno. Pada 2011, mereka mendirikan Wedangan Pendopo dengan bermodalkan sebuah bangunan kecil.

Lama kelamaan, mereka memperluas daerah usahanya hingga mempunyai dua pintu masuk. "Bisa masuk lewat Jalan Srigading I ataupun Srigading II, Mangkubumen, Banjarsari, Solo," ujarnya.

Wedangan Pendopo termasuk pionir dari wedangan kelas atas. Kisaran tahun itu, beberapa wedangan berkonsep serupa bermunculan, menyerupai konsep kafe dan lainnya.

Wedangan Pendopo Langganan Keluarga Jokowi dengan Konsep KlasikFoto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom


Makanan yang disajikan di Wedangan Pendopo tak jauh berbeda dengan wedangan lain. Namun Usti mempunyai hidangan spesial, yakni nasi sayur kolot atau sayur lombok ijo.

"Yang paling dicari jangan kolot atau sayur lombok ijo, kemudian ada jahe rempah. Hampir semua masakan kita masak sendiri," kata dia.

Meski lokasinya tak begitu strategis alasannya yaitu herus masuk ke dalam gang, Wedangan Pendopo ternyata menjadi acuan wisatawan. Tak terkecuali para pejabat yang sedang berada di Solo.

Salah satu daya tariknya ialah alasannya yaitu Wedangan Pendopo semenjak usang menjadi daerah langganan keluarga Presiden Jokowi. Usti pun memajang beberapa foto ketika Jokowi ataupun Iriana singgah di wedangannya.

Wedangan Pendopo Langganan Keluarga Jokowi dengan Konsep KlasikFoto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
"Kebetulan aku kan teman Bu Iriana di SMAN 3 Surakarta. Sampai kini ibu masih sering ke sini. Kalau Pak Jokowi semenjak wali kota hingga Gubernur DKI pernah ke sini. Tapi pas presiden belum (ke sini)," ujar dia.

Anak-anak Jokowi, baik Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, ataupun Kaesang Pangarep pun pernah ke Wedangan Pendopo. Beberapa menteri Jokowi juga pernah berkunjung, menyerupai Menteri Keuangan Sri Mulyani.

"Kalau kuliner favorit Bu Iriana itu ya bacem, wedang tape, es tape. Kalau Pak Jokowi tidak mesti," katanya.

Wedangan Pendopo yang berlokasi di Jl. Srigading I no.7 Mangkubumen ini buka pukul 18.00 - 24.00 WIB. Harga kuliner dan minuman cukup terjangkau. Segelas teh hangat dihargai Rp 3 ribu, jahe rempah Rp 5 ribu, nasi sayur Rp 5 ribu dan kudapan gorengan mulai Rp 3 ribu.


Simak Video "Rekomendasi Kuliner Solo Jagoan Presiden Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top