0 Comment
Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Sarapan juga dinikmati orang Korea. Untuk sarapan tradisional, mereka menikmati ragam sajian mengenyangkan yang penuh nutrisi ini.

Orang Korea populer doyan daging sehingga makanan ini pun kerap hadir di pagi hari. Dikutip dari The Spruce Eats (13/11), sarapan tradisional orang Korea umumnya mencakup daging, nasi, dan sayuran.

Jenis sajian ini tak jauh berbeda dengan sajian makan siang atau makan malam, hanya saja sedikit lebih ringan. Berikut susunan sajian lengkap sarapan tradisional orang Korea:


1. Sup atau stew

Ini Menu Sarapan Tradisional Orang Korea yang Penuh NutrisiFoto: iStock

Sup atau stew menghadirkan kuah yang menciptakan orang Korea lebih semangat makan pagi. Menu yang populer yaitu haejangguk. Disebut-sebut sup ini yaitu "obat" mabuk yang jitu. Racikannya terdiri dari daging babi, kubis, darah segar, ragam sayuran, dan kaldu sapi. Ada juga galbitang, sup kental yang terbuat dari tulang iga sapi.

2. Olahan daging

Ini Menu Sarapan Tradisional Orang Korea yang Penuh NutrisiFoto: iStock

Untuk sarapan, orang Korea menyukai bulgogi yaitu daging panggang berbumbu kecap asin dan gula. Rasanya elok gurih dan sangat cocok dimakan dengan nasi hangat. Ada juga samgyeopsal, pecahan perut babi yang dipanggang kemudian dibalut daun selada. Biasanya samgyeopsal juga dimakan bersama kimchi.

3. Banchan

Ini Menu Sarapan Tradisional Orang Korea yang Penuh NutrisiFoto: iStock

Yang unik dari sajian tradisional Korea yaitu banchan. Berupa makanan pembuka yang juga dapat jadi makanan pendamping nasi. Biasanya banchan disajikan dalam piring kecil. Pilihan menunya bermacam-macam dan orang Korea kerap meamsak banchan tertentu dalam jumlah banyak semoga dapat disajikan selama beberapa hari.

Ada banyak jenis banchan, salah satunya sukju namul. Tumisan atau rebusan sayur ini dibentuk dari tauge dengan bumbu garam, bawang putih, dan minyak wijen. Kadang sukju namul juga ditambahkan mentimun atau wortel. Banchan lainnya yaitu kimchi, myeolchi bokkeum, dan ojingeochae muchim.

4. Makanan kaki lima

Ini Menu Sarapan Tradisional Orang Korea yang Penuh NutrisiFoto: Istimewa

Saat tidak sempat sarapan di rumah dengan sajian lengkap, orang Korea menikmati makanan yang dibeli di penjaja kaki lima. Misalnya saja sandwich berjulukan tost-u atau gaeran tost-u berbahan telur, kubis, dan brown sugar. Menu ini tergolong sajian Korea yang terinspirasi sajian Barat.

Menu lain yaitu susu pisang atau banana uyu dan donat chapssal yang terbuat dari tepung beras manis. Tak ketinggalan gyerangbbang, roti telur khas Korea ini bentuknya seakan-akan muffin. Dijamin mengenyangkan alasannya yaitu roti bulat diberi topping telur matang.



Simak Video "Pizza Selada Laut, Hidangan Sehat dan Antimainstream"
[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top