0 Comment
Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Bungeoppang yakni masakan ringan cantik serupa waffle dengan bentuk ikan yang terkenal di Korea. Bungeoppang terasa cantik legit alasannya yakni diisi pasta kacang merah.

Bungeoppang sekilas tak ada beda dengan taiyaki, 'kue ikan' yang terkenal dari Jepang. Sebuah sumber menyebut Bungeoppang memang terinspirasi taiyaki. Kue serupa waffle ini konon diperkenalkan di Korea sekitar tahun 1930 ketika Jepang menduduki Korea.

Menurut buku Bungeoppang Has a Family Tree tahun 2011, Bungeoppang yakni wujud adonan waffle dari Barat dan dumpling dari Timur. Hal ini selaras dengan konsep taiyaki yang merupakan penyesuaian orang Jepang pada waffle gaya Barat di sekitar periode 18.

Ini Bungeoppang, 'Kue Ikan' dari Korea yang Manis LegitFoto: iStock

Baca Juga: Ini Lho 5 Makanan yang Sering Muncul di Adegan Drama Korea

Untuk arti, nama Bungeoppang berasal dari dua kata yaitu "bungeo" dan "ppang". Keduanya berarti "ikan mas" dan "roti". Tampilan roti menyerupai ikan mas inilah yang mendasari nama Bungeoppang meski bekerjsama roti atau pastry ini tidak dibentuk dari ikan sedikitpun.

Dibanding taiyaki, Bungeoppang berbentuk cenderung menyerupai ikan mas pada umumnya. Sementara taiyaki kadang berbentuk ikan dengan ekor lebih mencuat ke atas, menyerupai ikan tai yang terkenal mahal di Jepang.

Ini Bungeoppang, 'Kue Ikan' dari Korea yang Manis LegitFoto: iStock

Isian Bungeoppang juga dinilai lebih sederhana berupa pasta kacang merah azuki saja. Berbeda dengan taiyaki yang mempunyai banyak versi isian cantik atau gurih menyerupai custard, cokelat, sosis, sampai bacon.

Untuk menciptakan Bungeoppang diharapkan bahan-bahan menyerupai tepung terigu, garam, baking soda, gula, air, dan minyak sayur. Penggunaan telur yakni pilihan. Bungeoppang kemudian dipanggang di cetakan ikan sampai kedua sisinya matang dengan warna keemasan dan tekstur renyah.

Ini Bungeoppang, 'Kue Ikan' dari Korea yang Manis LegitFoto: iStock

Bungeoppang banyak dijajakan sebagai masakan kaki lima, terutama ketika demam isu dingin. Kreasinya juga serupa dengan gukhwappang dan gyeranppanng. Gukhwappang merupakan Bungeoppang versi bentuk bunga. Sementara gyeranppanng berisi telur dan bentuknya bulat menyerupai muffin.

Baca Juga: Jeju Ice Cream dan Cotton Candy Ice Cream, Es Krim Unik dari Korea Selatan


Simak Video "Pizza Selada Laut, Hidangan Sehat dan Antimainstream"
[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top