0 Comment
Cara Menghilangkan Kebiasaan Anak Menghisap Jempol - Anak menghisap jempol merupakan hal alami dan dianggap biasa. Menghisap jempol akan menciptakan anak merasa nyaman, namun kebiasann itu juga sanggup menjadikan efek jelek pada anak menyerupai pertumbuhan giginya maju kedepan (tonggos), penyempitan rahang atas, kemampuan bicara terhambat, dll. Oleh alasannya yaitu itu, Anda sebagai orang renta harus bisa mengatasi kebiasaan anak menghisap jempol.

Pada beberapa orang anak, kebiasaan menghisap jempol biasanya akan berhenti dengan sendirinya, namun waktunya tidak bisa ditentukan. Untuk itu orang renta harus membantunya dengan melaksanakan hal-hal yang bisa menciptakan anak menghentikan kebiasaannya menghisap jempol. Berikut ini beberapa tips menghentikan kebiasaan anak menghisap jempol :

Membungkus Jempol Anak
Kebiasaan anak menghisap jempol sanggup diatasi dengan cara membungkus jempol anak Anda dengan plester atau kain, terutama dikala ia akan tidur, Untuk anak usia bayi, gunakan sarung tangan bayi. Dengan cara ini anak akan sulit memasukan jempolnya ke dalam verbal sehingga nantinya ia akan terbiasa tidak menghisap jempol.

Membatasi Waktu Menghisap Jempol
Untuk mengatasi kebiasaan menghisap jempol yang dilakukan secara terus menerus, maka Anda bisa mencoba membatasi waktu menghisap jempol bagi anak. Misalnya katakan pada anak Anda bahwa ia boleh menghisap jempol, namun hanya pada malam hari saja atau menghisap jempol hanya boleh dilakukan di dalam kamar saja. Dengan cara ini, anak tidak akan lagi menghisap jempol sepanjang hari, dan secara perlahan kebiasaannya menghisap jempol akan hilang.

Mengolesi Jempol Anak Dengan Rasa Asam
Anak-anak biasanya tidak suka dengan rasa yang asam atau kecut. Untuk ini, Anda bisa mengolesi jempol anak Anda dengan rasa asam menyerupai air jeruk nipis atau sesuatu yang sejenisnya, terutama dikala ia akan tidur. Dengan cara ini, nantinya anak tidak akan lagi mau menghisap jempolnya dan hasilnya anak akan terbiasa tidak menghisap jempol.

Berikan Pemahaman Pada Anak
Jika usia anak semakin bertambah namun masih suka menghisap jempol, sebaiknya Anda menunjukkan pemahaman kepada anak Anda perihal efek jelek dari menghisap jempol sehingga anak sanggup memahaminya. Jelaskan secara perlahan biar anak sanggup lebih gampang mengerti dan lakukan dengan penuh kesabaran dan kasih sayang.

Itulah Cara Menghilangkan Kebiasaan Anak Menghisap Jempol yang bisa Anda lakukan. Sebaiknya kebiasaan anak menghisap jempol dilarang semenjak dini. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

 
Top