0 Comment
Cara Mencuci Botol Susu Dan Dot Bayi - Bagi seorang ibu yang mempunyai seorang bayi, kebutuhan akan susu bagi si bayi tentunya sangat diperhatikan, terutama santunan ASI. Selain santunan ASI, susu formula juga sanggup diberikan kepada si bayi sebagai makanan tambahan. Mengingat si bayi belum sanggup minum memakai gelas, maka santunan susu formula sanggup dilakukan dengan memakai botol dot susu bayi. Namun begitu, santunan susu dengan botol dot tersebut tidak sanggup dilakukan secara sembarangan, ada hal-hal yang harus diperhatikan ialah mengenai kebersihan botol dot susu yang dipakai untuk si bayi.

Botol dot susu yang diberikan untuk bayi Anda haruslah benar-benar higienis dan steril, lantaran jikalau tidak maka sanggup memicu terjadinya abses basil dan penyakit pada bayi Anda. Berikut ini cara sterilisasi dan mencuci botol susu bayi yang sanggup Anda lakukan :


Cara Sterilisasi Botol Susu Dan Dot Bayi
Bila Anda membeli botol susu bayi yang baru, maka jangan eksklusif digunakan. Botol susu bayi yang gres dibeli harus disterilkan terlebih dahulu, berikut ini caranya :

1. Siapkan air panas yang gres mendidih di dalam sebuah wadah atau panci. Pastikan cukup untuk merendam seluruh bab botol susu
2. Pisahkan botol dan dot serta bab lainnya, lalu masukan ke dalam wadah atau panci berisi air panas yang sebelumnya telah Anda siapkan.
3. Setelah memasukan semua bab botol dot susu, selanjutnya tutup wadah atau panci itu dan biarkan selama 10 menit.
4. Setelah proses perendaman selesai, angkat botol dot susu, lalu keringkan atau tempatkan diatas kain lap higienis dan tempatkan di rak khusus botol.

Cara Mencuci Botol Susu Dan Dot Bayi
1. Cuci tangan Anda sebelum mencuci botol dot susu bayi dengan memakai sabun yang mengandung anti septik.
2. Siapkan bejana yang sudah dibersihkan, lalu isi dengan air hangat dan tambahkan dengan sabun khusus untuk botol bayi atau sanggup juga memakai sabun pencuci piring.
3. Aduk bejana yang berisi adonan air hangat dan sabun tersebut sampai berbuih. Selanjutnya lepaskan bab botol dot susu bayi dan masukan kedalam bejana sampai terndam semua.
4. Mulailah dengan membersihkan bagian-bagian botol dot susu bayi Anda. Gunakan sikat khusus botol untuk membersihkan bab yang sulit dibersihkan.
5. Setelah proses pencucian selesai, selanjutnya bilas bagian-bagian botol dot susu dengan memakai air yang mengalir sampai benar-benar bersih.
6. Keringkan botol dan tempatkan di rak khusus botol.


Itulah Cara Mencuci Botol Susu Dan Dot Bayi yang sanggup Anda lakukan. Sebelum botol susu dipakai lagi, sebaiknya dibilas dulu dengan cara memasukan air panas ke dalam botol sampai setengahnya, pasang dot lalu kocok-kocok selama beberapa saat. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

 
Top