0 Comment
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi/Foto: Lamhot AritonangMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi/Foto: Lamhot Aritonang

Batang - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tersambungnya Tol Trans Jawa dari Jakarta hingga Surabaya. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap kemacetan yang biasa terjadi di Jalur Pantura sanggup turun drastis dan arus lancar.

"Selama ini jalan masuk jalan ke Jateng dan Jatim hanya memakai jalan nasional yang sering terjadi kemacetan. Nah, dengan jalan tol ini niscaya kemacetan akan turun drastis dan harapannya kemudian lintas menjadi lancar," kata Budi Karya usai pelantikan Tol Trans Jawa di Jembatan Kalikuto, Batang, Jawa Tengah, Kamis (20/12/2018).


Budi Karya juga berharap adanya Tol Trans Jawa ini sanggup membangkitkan bisnis perjuangan kecil menengah (UKM) pada rest area di jalur tol tersebut. Selain itu, Budi Karya berharap Tol Trans Jawa sanggup menggairahkan industri-industri di banyak sekali daerah.

"Sebagai teladan industri tidak mesti di Semarang, Surabaya dan Jakarta saja, tetapi beberapa titik-titik sanggup ada industri terutama industri yang berbasis pada lokal sehingga ekonomi terpencar pada tempat tertentu," katanya.

Budi juga menegaskan fungsi lahan pada tempat yang dilalui jalan tol tersebut tidak berubah. "Dengan adanya jalan tol ini tidak membuat land use (penggunaan lahan) di tempat tersebut berubah alasannya yaitu yang berubah hanya di titik-titik persimpangan, yang lain tetap jadi sawah, tetap dengan fungsi-fungsinya," terperinci Budi Karya.


Sementara itu, untuk tarif tol yang akan diberlakukan, Budi karya menyampaikan pemerintah akan melaksanakan kajian dan tinjauan. Dia menilai, tarif sekitar Rp 500.000 dari Jakarta hingga Surabaya dirasa masih wajar.

"Kita akan meninjau. Tapi jikalau dibayangkan Jakarta hingga Surabaya Rp 500.000, itu jikalau orang naik kendaraan beroda empat berempat. Kaprikornus jikalau menurut itu mestinya tidak mahal. Tapi nanti kita lihat lagi bagaimana tarif ini sanggup tetap mendukung situasi atau pergerakan kita," katanya.

Presiden Jokowi hari ini meresmikan 7 ruas tol, yakni 4 ruas tol di Jawa Timur yang terdiri Wilangan-Kertosono, Kertosono-Bandar, Porong-Gempol, dan Pasuruan-Grati yang totalnya sepanjang 59 kilometer (km) yang diresmikan di Tol Jombang KM 671.

Sementara itu, tiga ruas tol lainnya di Jawa Tengah yaitu Pemalang-Batang, Batang-Semarang, dan Salatiga-Kartasura sepanjang 142 km.

Post a Comment

 
Top