0 Comment
Cara Mengatasi Motor Tersendat-Sendat Saat Berjalan - Mungkin ketika ini Anda sedang mengalami problem dengan motor Anda yang tiba-tiba saja jalannya menjadi tersendat-sendat ibarat akan kehabisan bensin. Kondisi motor yang berjalan tersendat-sendat atau sering disebut mesin motor brebet terjadi alasannya yaitu proses pembakaran di dalam mesin yang tidak lancar. Hal itu juga sanggup mengakibatkan mesin motor mati secara tiba-tiba, oleh alasannya yaitu itu harus segera diperbaiki.

Ada beberapa faktor yang sanggup mengganggu proses pembakaran di dalam ruang silinder mesin motor Anda ibarat pengapian yang tidak stabil, suplai udara yang tidak lancar, dan lainnya. Berikut ini langkah-langkah mengatasi mesin motor brebet atau tersendat-sendat ketika berjalan :

Periksa Busi Motor 
Busi merupakan sumber pengapian bagi proses pembakaran di ruang mesin motor. Jika busi mengalami problem ibarat kotor atau memang sudah tidak layak pakai, maka akan mengganggu proses pembakaran di dalam ruang silinder mesin motor Anda. Coba lakukan hal berikut ini :
- Hidupkan mesin motor Anda, bila sehabis dihidupkan namun tidak usang kemudian mati lagi dan bunyi mesin terdengar berbeda dari biasanya maka sanggup dikatakan busi bermasalah.
- Lepas busi dan perhatikan kondisi elektroda busi, bila kotor maka coba membersihkannya dengan cara mengamplas ujungnya dengan amplas halus dan bersihkan dengan lap kering.
- Jika sehabis dibersihkan namun tidak mengatasi masalahnya, atau memang busi sudah usang tidak diganti, maka sebaiknya segera ganti busi dengan yang baru.


Periksa Filter Udara Motor
Filter udara merupakan pecahan terpenting dari suplai udara ke dalam ruang pembakaran yang berfungsi sebagai penyaring kotoran dan debu. Filter udara yang terlalu usang tidak dibersihkan akan menjadikan tumpukan debu. Debu yang menumpuk akan menghambat udara yang akan masuk ke ruang pembakaran sehingga udara yang diperlukan tidak maksimal, kesudahannya proses pembakaran menjadi tidak lancar dan mengakibatkan mesin motor brebet ketika di gas. Coba lakukan hal berikut ini :
- Lepas filter udara dan perhatikan, bila terlalu kotor maka coba membersihkannya.
- Jika dirasa sudah tidak sanggup dibersihkan, maka sebaiknya segera ganti dengan yang baru.

Selain kedua faktor tersebut, masih ada faktor lain yang sanggup menjadi penyebab mesin motor brebet ibarat suplai materi bakar yang tidak lancar, setelan klep, dll. Jika sehabis dilakukan penggantian busi dan filter udara namun tidak sanggup mengatasi problem motor tersendat-sendat ketika berjalan, sebaiknya Anda membawa motor ke bengkel resmi untuk diperiksa lebih lanjut.


Itulah Cara Mengatasi Motor Tersendat-Sendat Saat Berjalan yang sanggup Anda lakukan. Dari pengalaman sehabis mengganti busi, masalahnya kembali normal kembali. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

 
Top