0 Comment
Cara Menggunakan AC Agar Hemat Listrik - AC merupakan salah satu alat elektronik yang banyak dipakai orang, baik di rumah maupun di kantor yang fungsinya untuk menyejukan udara di dalam ruangan. Sebagai alat elektronik, tentunya AC memerlukan arus listrik untuk menjalankannya. Selain bisa menyejukan ruangan, AC juga sanggup meningkatkan biaya listrik jikalau tidak dipakai secara sempurna dan benar. Agar AC tidak boros listrik ketika digunakan, maka ada hal-hal tertentu yang harus diperhatikan ibarat temperatur yang digunakan, kondisi ruangan dan lainnya.

Bagi Anda yang tidak ingin tagihan listrik rumah Anda membengkak jawaban penggunaan AC yang boros listrik, maka perhatikan cara Anda menggunakannya. Berikut ini tips menghemat listrik AC di rumah biar tagihan biaya lisrik Anda tidak meningkat secara drastis :

Mengatur suhu AC
Agar tidak boros penggunaan listrik AC, maka sebaiknya Anda mengatur suhu yang dipakai di kisaran 23-25 derajat celcius. Jangan memakai suhu terendah atau 16 derajat celcius lantaran hal ini akan memicu kompresor bekerja keras terus menerus biar mencapai suhu yang diinginkan sehingga beban penggunaan listrik menjadi tinggi, jadinya biaya listrik akan bertambah besar.

Mengatur mode AC
Pada ketika udara panas, memakai mode cool sering dilakukan biar ruangan cepat terasa dingin, namun mode cool ini boros listrik lantaran kompresor akan terus berputar kencang sampai suhu udara menjadi dingin. Untuk itu jikalau suhu udara di dalam ruangan sudah terasa nyaman dan sejuk, sebaiknya ubah menjadi mode dry. Mode dry akan menyerap kelembapan udara tanpa mengurangi kesegaran ruangan, terutama jikalau diluar turun hujan yang menjadikan udara menjadi lembab. Pada mode dry, kipas AC berputar lebih lambat dan stabil sehingga beban listrik yang dipakai menjadi lebih irit, jadinya penggunaan listrik menjadi lebih hemat. Anda juiga bisa mengatur mode AC ke pengaturan Auto biar AC sanggup menyesuaikan suhu sesuai cuaca.

Mengatur kondisi ruangan
Selain mengatur suhu dan mode AC, kondisi ruangan juga perlu Anda perhatikan. Pastikan ruangan tertutup rapat dan jangan terlalu sering buka tutup ruangan ketika memakai AC biar udara masbodoh AC tidak terbuang ke luar ruangan dan udara panas dari luar masuk ke dalam sehingga menjadikan suhu di dalam ruangan menjadi tidak stabil. Hal ini akan menciptakan AC terus menerus bekerja keras menstabilkan suhu di dalam ruangan sehingga beban penggunaan listrik menjadi tinggi, jadinya biaya listrik akan bertambah besar.

Service AC secara berkala
Jaga kebersihan AC dan lakukan service secara terjadwal setidaknya 3 bulan sekali biar komponen AC ibarat filter, kipas AC dan evaportor selalu dalam kondisi bersih. Jika kondisi kotor maka kecepatan AC akan berkurang sehingga mesin akan bekerja keras untuk mencapai suhu dingin, jadinya beban listrik bertambah dan biaya listrik menjadi boros.


Itulah Cara Menggunakan AC Agar Hemat Listrik yang bisa Anda lakukan. Anda juga bisa memakai AC yang ekonomis energi biar ekonomis listrik. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

 
Top