0 Comment
Cara Mengatasi Dan Mencegah Angin Duduk - Angin duduk merupakan sebuah penyakit yang mengakibatkan rasa nyeri di dada. Rasa nyeri tersebut disebabkan oleh lantaran fatwa darah ke jantung terganggu akhir adanya penyempitan atau penyumbatan pada pembuluh darah. Angin duduk identik dengan sindrom serangan jantung koroner akut yang sanggup mengakibatkan ajal seseorang dalam waktu 15-30 menit. Angin duduk sanggup terjadi secara tiba-tiba akhir otot jantung kurang mendapat pasokan oksigen dari fatwa darah yang lalu mengakibatkan nyeri dada. Angin duduk dalam istilah medisnya disebut Angina.

Gejala serangan angin duduk sering ditandai dengan rasa nyeri di dada, dada menyerupai ditekan dan diremas-remas yang sanggup menjalar ke lengan kiri dan kanan, leher, rahang, dan punggung serta ulu hati. Gejala lainnya yaitu sesak napas, tubuh terasa lelah, mual, pusing, gelisah, keluar keringat berlebihan, dan pingsan. Penyebab serangan angin duduk ialah kolestrol tinggi, penyakit diabetes, hipertensi, stres, obesitas, gaya hidup tidak sehat, memiliki riwayat terkena penyakit jantung sebelumnya, riwayat keluarga mengalami penyakit jantung, dll.

Mengatasi Angin Duduk

Tindakan berikut ini sebagai langkah santunan pertama jikalau terjadi serangan angin duduk :
  • Batuklah dengan kencang secara berulang-ulang. Tarik nafas yang dalam setiap kali akan batuk. Menarik nafas dalam-dalam akan mendapat banyak oksigen ke paru-paru, dan batuk akan menekan jantung yang menciptakan darah tetap tersirkulasi.
  • Tetap menjaga kesadaran dengan cara menggaruk-garuk jari kelingking dengan ibu jari.
  • Mengkonsumsi obat Antiplatelet untuk melonggarkan sumbatan yang terjadi dan mencegah pembentukan gumpalan darah. Obat Antiplatelet yang paling umum dijual ialah Aspirin. Atau mengkomsumsi obat Antikoagulan untuk pengencer darah dan mencegah pembentukan gumpalan di dalam pembuluh darah.

Mencegah Angin duduk

Mengontrol tekananan darah
Lakukan pengukuran tekanan darah secara rutin dan membatasi konsumsi masakan asin. Dengan cara ini tekanan darah Anda akan gampang dikendalikan.

Mengendalikan gula darah
Memeriksakan gula darah secara rutin semoga gula darah Anda sanggup dikendalikan. Dengan cara ini Anda sanggup terhindar dari resiko serangan angina atau penyakit jantung lainnya.

Menghindari masakan yang mengandung kolestrol tinggi
Konsumsi masakan yang mengandung kolestrol tinggi sanggup memicu timbunan plak yang sanggup menyumbat fatwa darah. Sebaiknya Anda mengkonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, ikan, daging tanpa lemak, susu rendah lemak, dan masakan menyehatkan lainnya.

Menjaga berat badan
Kegemukan atau obesitas merupakan salah satu penyebab seseorang terjangkit angina, Jika berat tubuh Anda berlebihan, sebaiknya lakukan penurunan berat tubuh dengan cara sehat menyerupai berolahraga, konsumsi masakan bergizi seimbang, dan istirahat yang cukup.

Melakukan olahraga secara rutin
Olahraga merupakan salah satu cara hidup sehat yang sanggup mencegah serangan angin duduk, lantaran olahraga sanggup menurunkan berat badan. Namun begitu jangan melaksanakan olahraga yang berat. Lakukanlah olahraga ringan menyerupai berjalan kaki, jogging, yoga, meditasi, dll. Sebelum berolahraga, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter Anda.

Angin duduk bukan disebabkan oleh angin yang masuk ke tubuh Anda, lalu mengatasinya dengan cara kerokan menyerupai yang biasanya dilakukan oleh orang yang masuk angin. Angin duduk merupakan sebuah tanda-tanda suatu penyakit yang berkaitan dengan jantung.

Demikian Cara Mengatasi Dan Mencegah Angin Duduk yang sanggup Anda lakukan. Menerapkan teladan hidup sehat menyerupai tidak merokok dan mengkonsumsi alkohol secara berlebihan, sanggup mencegah terkena resiko angin duduk. Untuk lebih jelasnya wacana angin duduk, Anda sanggup mengunjungi seorang dokter seorang mahir untuk mengkonsultasikannya. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

 
Top